PILKADES

 

TUNU KALAH PILKADES

 

Muhajir Arrosyid

Pak De Tunu menyanyikan lagu Aku Bukan Pilihan, lagu yang biasa di lantunkan Iwan Fals dengan serak-serak enak.

“ Aku lelaki bukan tuk dipulih….”

Tunu menyanyikan lagu itu bukan karena habis putus cinta atau di tolak cintanya oleh kekasihnya. Dia sakit hati kepada para tetangga-tetangganya karena menghianatnya. Pak De Tunu terpuruk mengurung diri di dalam kamar karena habis kalah dalam PILKADES kemarin. Sebenarnya dia tahu kalau dalam persaingan itu wajar. Dia berfikir, kalah-ya kalah tapi jangan se memalukan seperti sekarang ini. Pak De Tunu mendapat suara paling buncit. Kira-kira yang milih dia cuma satu RT. Dia merasa di khianati. Kemarin orang-orang mendorong-dorong supaya dia nyalon lurah. Kata Bur ketua karang taruna dia pantas jadi lurah . “ Wah sayang kalau tidak nyalon Pak De, lha ada kesempatan. Pak De Tunu juga sudah banyak dikenal, pokoknya nanti saya dan anggota karang taruna semua mendukung jika Pak De Tunu jadi nyalon, anggota saya banyak lho Pak De, apalagi kalau mereka bergerak”

Lha setelah benar nyalon kok mok plekentus, tidak ada yang milih. Padahal dia sudah keluar duet banyak. Setiap ada orang mengajukan proposal pembangunan masjid, jembatan, jalan, tanggul selalu dia beri. Karena melayani proposal-proposal itu sekarang Tunu juga terbelit hutang.

Waktu sebelum pemilihan orang-orang banyak datang ke rumah, mereka menyalami dengan senyum ikhlas. Pak De Tunu sakit hati mengingat wajah-wajah itu. Wajah-wajah penipu. Rasanya mau mati saja, orang-orang di desanya tidak memilihnya “Aku lelaki bukan pilihan” katanya sambil menjerit-jerit.

 

 

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Juli 17, 2008, in Kisah Tunu. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: