Al Amin Nasution

APALAH ARTI SEBUAH NAMA?

 

“Apalah artinya sebuah nama?” demikian grenengan Pak De Tunu bersama istri tercintanya di belakang rumah sambil memandang ikan lele peliharaannya.

“ Mawar meski tidak bernama mawar tetap elok di pandang, lele meski bukan lele namanya tetap enak di panggang, Tunu meski bukan Tunu namanya mesti ganteng dan tampan. Kamu Sun, meski namanya Bukan Sun tetap menawan.”

“ Heleh kamu itu lho Pak Ne, sudah tua masih merayu. Hati-hati kalau terdengar cucu!” Bentak Bu De Sun Istri Pak De Tunu. Bu De Sun memukul-mukul pundak Pak De Tunu.

“ Nama itu kan hanya nama ya Bu ne? Meskipun namanya Al Amin yang memiliki arti dapat dipercaya, namun kalau sifatnya maling ya tetap korupsi. Nama itu tidak selaras dengan sifat.”

“Nasution, orang ingat Nasution pasti ingat pahlawan revolusi. Seorang jendral besar yang gagah berani. Tapi kalau ingat Nasution saat ini kita ingat tikus yang mengrogoti kayu milik orang banyak.”

“ Nama itu do’a Pak ne, Orang Tua memberi nama Al Amin adalah do’a agar dia nanti menjadi orang yang dapat dipercaya rakyat. Kalau jadi RT adalah RT yang dapat di percaya, kalau jadi pegawai bank adalah pegawai bank yang dapat dipercaya, kalau menjadi Anggota Dewan adalah Anggota Dewan yang dapat dipercaya.”

“ Mungkin waktu korupsi dia tidak ingat orang tuanya yang membesarkan dan mendoakannya. Sekarang ini ada banyak yang punya nama Tunu, ada yang jadi pemulung, ada yang jadi pengemis, tapi ada juga yang baik, ganteng, dermawan seperti aku.”

“ Takabur, takabur, tobat Pak Ne, tobat!!” Bu De Sun teriak-teriak.

 

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Juli 26, 2008, in Kisah Tunu. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. lah bagi Soekarno nama adalah segalanya.
    bagi wiliam shakspaer (cmiiw) apalah arti sebuah nama.
    bagi Muhammad saw, nama adalah do’a. Do’a adalah harapan. Tidak ada orang tua yang berharap anaknya menjadi koruptor. menjadi maling atau apalah yang jelek-jelek. Semua orang tua atau bahkan perampok sekalipun pasti akan berharap anaknya menjadi orang baik. Ya salah satunya orang tuanya Al-Amin tersebut.

  2. Tunu? apalah arti sebuah nama! Kita harus berjuang memberi arti nama tersebut!

  3. Tunu dalam bahasa bali berarti bakar. Sedangkan sun berarti matahari. Kalau digabung menjadi terbakar matahari atau matahari membakar. Tinggal pilih mau aktif atau pasif. Weleh…weleh…weleh… opo iki…?

  4. Bicara ttg nama, tunu itu??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: