PULANG KE PESANTREN

Muhajir Arrosyid

Dalam satu penggal hidupku (sekira tahun 1998-2000) pernah sebentar mampir di pondok pesantren. Tulisan ini bukan dalam rangka merebut hati Anda. Atau menciptakan kesan alim pada diri saya. Aku hanya rindu pada penggalan hidup yang aku alami sekira tiga tahun di pondok pesantren Attohiriah Pedurungan Kidul Semarang yang di asuh oleh Abah Yusuf Maskuri.

Waktu itu aku adalah seorang bocah dusun. Aku mendengar kabar tentang pondok pesantren dari para teman dan tetangga. Aku terpesona dengan pondok pesantren. Aku senang di pondok karena melihat orang-orang yang pulang dari pondok disanjung-sanjung. Habis magrib di bulan Maulid aku diantar oleh kakakku ke pondok pesantren. Aku dipasrahkan kepada Abah untuk ikut belajar ilmu agama. Pengurus pondok mengantarkanku ke sebuah kamar tempat aku nanti tidur dan tinggal. Aku letakkan tas di lantai. Kakakku pamit pulang. Hari itu aku mengalami hidup yang baru. Mandi di kamar mandi yang baru. Bergaul dengan teman-teman yang satupun belum kukenal.

Sebenarnya jarak antara pondok pesantren dengan rumahku tidak begitu jauh. Jika ditempuh menggunakan sepeda motor hanya tigapuluh menit. Pondok pesantren yang aku tempati jauh lebih kota dari kampung halamanku. Aku ini orang udik, dusunku Cabean, Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak. Dusun yang ketika aku kelas enam baru ada listrik

Sebelumnya aku tidak pernah diajak bepergian ke kota. Melihat dan masuk mal juga baru pertama kali saat diajak teman pondok. Kedusunanku itu yang membuat jarak antara rumah dan pondok yang seharusnya dekat terasa jauh.

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Februari 6, 2010, in buku harian. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Nice posting sob…
    Lanjut terus …
    Ditunggu posting selanjutnya…
    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya di blog ane…

Tinggalkan Balasan

