GURU ONLINE

Sekarang ini adalah zaman online. Segala hal serba online. Marak kita kenal toko online, di toko online kita bisa berbelanja kebutuhan hidup kita. Ada juga media online, media ini memberikan informasi dengan cara online.
Dalam internet banyak terdapat tutorial mulai hal sepele seperti membuat tas kertas hingga yang rumit seperti merakit laptop. Jika guru tidak mengikuti perkembangan zaman online ini maka bisa menjadi orang bego di depan siswa pandai karena siswa berkesepatan belajar sendiri melalui tutorial yang disajikan internet.
Saat ini akses internet sangat mudah didapat. Banyak sekali tempat yang menyuguhkan layanan gratis internet. Melalui Hp yang setiap saat digenggaman, internet juga dapat diakses. Alasan internet menjadi pilihan berkomunikasi utama adalah karena dengan internet kita dapat terhubung dengan banyak orang dengan mudah, murah, dan cepat.
Berikut ini alasan kenapa guru harus mengantisipasi dengan berpartisipasi di zaman online ini. Pertama, karena kebebasan mengunggah maka banyak juga hal-hal yang tidak bagus yang tersaji di internet. Jika guru mengunggah hal yang bagus maka akan banyak hal positif di internet.
Internet juga menjadi rujukan banyak orang. Setiap kali seseorang membutuhkan informasi maka dia akan segara klik internet. Guru dapat berpartisipasi mengisi internet dengan mengmengunggah bahan yang berkualitas dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh siswa.
Kedua, karena dengan internet kita dapat terhubung dengan orang lain tanpa mengenal waktu, maka guru bisa memanfaatkan internet untuk dapat berkomunikasi dengan siswa kapanpun. Melalui internet siswa dapat menanyakan hal-hal yang belum jelas saat di kelas. Saat guru menjawab pertanyaan siswa, jawaban tersebut juga dapat dinikmati oleh siswa lain yang kebetulan membacanya. Karena sifatnya yang terhubung tersebut, guru juga dapat melakukan komunikasi ilmiah terhadap rekan sejawat tentang bidang ilmu yang guru geluti.
Membuat blog
Untuk mengoptimalkan internet guru bisa membuat blog edukasi. Blog edukasi berisi tentang layanan pendidikan misalnya penyediaan materi belajar, motifasi kepada siswa, dll. Blog dipilih karena gratis, mudah dibuat, tampilan bagus, dan kapasitas memadai. Dalam blog edukasi tersebut guru tidak hanya bisa menampilkan tulisan tetapi juga gambar dan video.
Apa menu yang perlu ditampilkan dalam blog edukasi milik guru? Pertama, tulisan ringan yang isinya dapat memotivasi siswa. Tulisan ringan ini diharapkan dapat menginspirasi siswa dalam melaksanakan tugas belajar.
Kedua, menu yang berisi tentang biografi tokoh-tokoh yang inspiratif. Jika Anda guru fisika tidak ada salahnya menampilkan biografi singkat Stephen Hawking, Newton, Einstin, dan fisikawan-fisikawan legendaries lainnya. Jika Anda guru sejarah baik sekali jika Anda menampilkan biografi singkat Soekarno, Hatta, Hos Cokroaminoto, dan tokoh lainnya. Jika Anda guru PKn, Anda bisa menampilkan Undang-Undang yang biasa digunakan dalam pembelajaran agar dapat diunduh siswa.
Ketiga, pemerintah telah menyediakan buku elektronik yang dapat diunduh ecara gratis. Dalam blog yang Anda buat guru bisa menyediakannya untuk murid agar mudah mencari sesuai mata pelajaran yang diampu.
Keempat, dalam blog juga bisa ditampilkan kolom interaktif yang memungkinkan antara siswa dan guru dapat saling menyapa. Obrolan tentang pembelajaran dapat dilaksanakan pada saat guru-siswa sama-sama online.
Kelima, bisa pula ditampilkan media belajar berupa video. Akan lebih bagus jika guru membuat sendiri media pembelajaran dalam bentuk vidio tersebut tetapi jika belum sempat membuatnya guru bisa mencarinya di youtube.
Tatap muka masih sangat penting, tapi melewatkan internet untuk membantu pembelajaran sayang sekali jika diabaikan. *** Muhajir, S.Pd., M.Hum

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Desember 12, 2012, in Opini and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: