PAUD INI, CINTA SIMBAH PADA CUCUNYA

Sejak puasa ini saya belum mampir ke rumah bapak-ibu dan sore itu telp berdering. “Tadi pagi PAUD sudah dimulai, ada 16 pendaftar. Bapak mau beri nama PAUD itu KEN AMANAH. Bagaimana pendapat Rini, apakah dia setuju?” Di sebrang sana adalah suara Ibu yang menyampaikan pesan dari Bapak. PAUD yang sudah kami rancang dari dulu mulai berjalan. Mulanya mau diberi nama Ken Nuruto Robbi, persis nama anakku yamg telah pergi beberapa bulan yang lalu karena tumor otak. Bapak meminta persetujuan Rini, istriku untuk mengubahnya menjadi KEN AMANAH. Kenapa istriku menjadi pertimbangan? Karena dia yang paling kehilangan dia pula yang  akan mengelola PAUD itu. Kata KEN diambil dari nama anakku, sedangkan amanah karena Bapak mendapat amanah dari banyak orang. Saya dan istri menyetujui nama itu. Kami sama sekali tidak meragukan cinta mereka kepada cucunya dan kepada kami, anaknya.

Saya jelas tidak akan lupa, Ibu dengan tubuhnya yang kian ringkih, kemana-mana membawa kayu putih harus rela pukul 03.00 pagi berangkat dari rumah untuk dapat sampai ke Rumah Sakit sebelum subuh. Saya juga jelas masih ingat sambutan Ken dengan teriakan riang saat melihat Simbah Rayinya itu melangkah dari balik pintu “Mbahhh…” Saya juga tidak mungkin lupa pelukan dan tangisan Bapak saat saya beritahu bahwa beberapa waktu yang lalu Ken telah pamit menghadap gusti, gusti kita semua. Kecupan sayangnya untuk yang terakhir kalinya sebelum Ken dimakamkan juga masih menempel dipelupuk mata. Nia yang setiap hari datang mengambil dan mengantar pakaian kami, Mas Topik dan Mas Nur yang menyakinkan kepada kami untuk tidak risau dengan uang karena mereka menjanjikan akan mengusahakan. Dan masih banyak sekali orang-orang baik yang melingkar di sekeliling kami. Tema-teman dari IKIP PGRI Semarang juga tidak kalah mengharukan. Kepada semua saya selalu berdo’a, semoga diberi limpahan kesehatan, rizki yang berkah.

IMG00762-20130716-0538PAUD ini adalah cinta simbah kepada cucunya, cinta pakde-bude, om-tante kepada keponakannya. PAUD ini berlokasi di Desa Sidorejo, Karangawen, Demak RT 5 RW 05. Dibangun di tanah yang cukup luas di depan rumah Bapak. Gedungnya mulai dibangun ketika Ken masuk rumah sakit. Mulanya bapak hanya membuat gedung belum punya rencana mau difungsikan sebagai apa. Saat itu Bapak mendapat amanah tanah wakaf dari seseorang dan berpesan untuk digunakan sebagai lembaga pendidikan. Beberapa waktu kemudian ada sumbangan rumah kayu.

Terjadi obrolan di rumah sakit, kadang antara saya dengan Mas Nur atau Mas Topik, kakak saya atau dengan adik saya Nia. Obrolan seputar mau dibuat apa tanah dan gedumg itu. Mereka tahu saya dan istri sangat senang dengan anak dan pendidikan. Di rumah bapak sana Kami pernah mendirikan Taman Kreatifitas Anak dengan nama Karya Anak Kampung. Obrolan bermuara dengan pendirian PAUD ini. Di suatu perbincangan disaat kami sedang berjuang untuk kesembuhan Ken, bapak pernah bilang “PAUD ini adalah salah satu cara Bapak memohon pada Tuhan”.

Untuk persiapan PAUD ini istri saya telah magang beberapa saat di PAUD Ceria dan RA Karakter Tlogosari Semarang. Beberapa lagu, permainan, do’a – do’a pendek telah dipelajari. Kami menyebut PAUD itu dengan rumah Ken, dan memeluk mereka seperti memeluk Ken. Beginilah cara kami mengenang Ken, kehadirannya yang sebentar, keceriaannya yang menawan telah menginspirasi keluarga besar kami untuk memeluknya kembali dengan cara lain.

Akhirnya, lagi-lagi saya memohon do’a. Semoga PAUD itu berkah, memberi manfaat kepada sesama. Kami akan berjuang agar PAUD ini tetap tidak memungut biaya kepada para muridnya. Semoga saya dan istri saya diberikesempatan mengasuh anak lagi, adik-adiknya Ken akan lahir, tumbuh sehat hingga dewasa.

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Juli 16, 2013, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

