PERSIAPAN MENULIS RESENSI BUKU

MERESENSI BUKUMenulis resensi buku penting tidak sih? Membaca buku saja males apalagi menulis resensinya. Tapi jika kamu ingin menapak jalan literasi maka menulis resensi adalah jalan yang wajib dilalui. Banyak maanfaat menulis resensi buku, manfaat itu bisa untuk orang lain dan lebih banyak untuk kamu yang menuliskannya. Dengan membuat resensi buku maka kamu akan lebih sungguh-sungguh membaca buku, kamu membuat catatan-catatan maka pemahamanmu terhadap buku tersebut akan lebih. Ilmu juga lebih terikat erat karena telah kamu tulis kembali. Jika kamu menulis resensi buku baru maka jika dimuat kamu akan dapet honor, untung lagi.

Resikonya apa? Tentu saja ada resikonya. Segala sesuatu pasti ada yang harus dikorbankan. Kamu harus meluangkan waktu. Jadwal pacaran mungkin saja digeser. Jadwal nonton bola mungkin saja dicoret. Tetapi kerja pasti terbayar.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum kamu membuat resensi buku. Ini adalah semacam peta biar kamu tidak tersesat. (agak lebay)

1)      Pertama adalah memilih buku. Kamu harus memilih buku yang paling kamu sukai. Bayangkan saja jika kamu dipaksa nonton film yang bukan film kesukaan kamu. Atau bayangkan jika kamu dipaksa kawin sama orang yang tidak kamu sukai, tentu menyebalkan bukan?

2)      Kalau resensi kamu mau dikirimkan ke media masa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, karena media masa tidak mungkin memuat satu judul buku untuk dua kali pemuatan maka carilah buku yang belum pernah diresensi di media tersebut. Kedua, buku yang kamu resensi ada kaitannya dengan isu yang sedang hilir mudik di kepala manusia di negara kamu.

3)      Bacalah kata pengantar dan daftar isi. Kadang-kadang sebuah buku sudah di rumuskan di kata pengantar. Tapi kamu jangan tertipu dengan kata pengantar. Maka kamu harus mengeceknya dengan membaca keseluruhan. Membaca daftar isi perlu karena kamu akan mendapatkan gambaran atau kerangka ide buku yang akan kamu resensi.

4)      Mulai baca dan siapkan catatan. Catatan bisa ditulis ditepian buku biasa di kertas yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Cacatan ini penting agar kamu tidak kesusahan mencari saat kamu membutuhkan kutipan saat menuliskan resensi nanti.

Menulis buku adalah jalan untuk dikemudian hari menulis buku. Dengan menulis resensi buku kamu tahu buku seperti apa yang bagus, dibutuhkan penerbit, dan belum pernah ditulis oleh penulis lain. Oke silahkan mencoba. Semoga berhasil. (muhajir arrosyid)

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Agustus 12, 2013, in Tips and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: