MENGGAIRAHKAN PERS KAMPUS

KOPERTISSebanyak 60 mahasiswa dari 60 perguruan tinggi mengikuti Pelatihan Pers Kampus bagi mahasiswa PTS Kopertis Wilayah IV Jateng tahun 2013. Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 26 sampai 26 Agustus 2013 tersebut menghadirkan empat orang pembicara yaitu, Gunawan Witjaksana (dosen STIK Semarang), Muhajir (dosen IKIP PGRI Semarang), Sri Mulyadi (Redaktur senior harian umum Suara Merdeka) dan Ali Imron Al Ma’ruf (dosen Universitas Muhammadiah Surakarta).

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut adalah Pers kampus sebagai media komunikasi, perubahan orientasi fungsi dan peran pers kampus, orientasi dan rubrikasi pers, manajemen dan organisasi pers kampus, teknik mencari dan menulis berita, teknik penulisan features, tajuk dan artikel, bahasa jurnalistik dan fotografi, tata letak dan tata wajah pers, dan jurnaliseme online.

Peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktikan materi yang telah disampaikan. Dari 60 peserta dikelompokkan menjadi enam kelompok. Mereka diberi tugas untuk membuat media online mengggunakan blog, membuat rubrikasi, mendesain tampilan blog, dan menampilkan hasil tulisannya berupa berita, features, dan tajuk ke dalam blog.

Di akhir sesi para peserta diberikesempatan menampilkan dan mempresentasikan blog berisi tulisan-tulisan yang telah mereka buat. Dalam kesempatan tersebut para instruktur juga berkesempatan memberi masukan baik tampilan maupun isi. Sri Mulyadi, salah satu instruktur acara tersebut menyampaikan bahwa apa yang telah dihasilkan oleh para peserta pelatihan sudah sangat bagus mengingat waktu yang diberikan relatif singkat. “Jika ada yang perlu diperbaiki adalah dari pemberian nama blog-blog tersebut. Pembuat media harus berfikir siapa kalangan pembaca yang akan dituju.” Kata Sri Mulyadi.

Ketua panitia, Endang Surastuti, SH. mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini selain memberikan pengetahuan tentang keredaksian, reportase, dan menegemen media, juga untuk memotivasi peserta mengembangkan media informasi kampus yang menjujung tinggi keluhuran nilai-nilai jurnalistik. “Kami berharap pelatihan ini juga memotivasi terbentuknya sebuah lembaga pers mahasiswa yang kompeten. Mereka dapat saling bertukar pikiran, pengalaman antar peserta pelatihan.” Ujar Endang.

Koordinator Kopertis Wilayah VI, Prof. Dr. DYP Sugiharto. M.Pd., Kons., menyampaikan bahwa kompetensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa tidak hanya dapat diperoleh dari bangku kuliah. Bahkan sebagian besar untuk hal-hal yang dibutuhkan praktis di masyarakat diperoleh melalui berbagai kegiatan dan organisasi kemahasiswaan. Kopertis yang memiliki tugas mendampingi perguruan tinggi swasta tentu juga berkepentingan terhadap kwalitas lulusan. Maka selain melakukan pembinaan melalui perguruan tinggi juga ada berbagai kegiatan yang langsung kepada mahasiswa. Kegiatan kali ini adalah salah satu kegiatan yang langsung kepada mahasiswa. “ Pers kampus selama ini timbul tenggelam, adakalanya sangat aktif adakalanya tenggelam. Semoga kegiatan ini akan lebih mengGairahkan pers kampus.” Prof. DYP. Sugiharto.

Iklan

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Agustus 29, 2013, in Berita and tagged . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: