SAMBAL TERONG KHAS DEMAK

Sambal terong khas Demak

Sambal terong khas Demak

Sudahkah Anda makan siang? Jika belum, Anda perlu mencoba resep yang akan kami terangkan berikut ini; sambal terong khas Demak. Setiap wilayah tentunya memiliki jenis masakan masing-masing sesuai dengan geografisnya. Daerah gunung memiliki kekhasan masakan sayur mayur yang tumbuh di gunung, kalau daerah pesisir maka banyak masakan yang khas hasil laut salah satunya ikan laut. Sambal terong banyak menjadi menu mendamping nasi bagi orang Demak. Kenapa demikian? Karena sebagai daerah agraris, terong mudah tumbuh di daerah ini. Kami bisa menanamnya di halaman rumah. Kalau tidak sempat menanam, maka pergi saja ke pasar tradisional, di sana banyak dijajakan.

 

bahan-bahan untuk sambal terong khas Demak

bahan-bahan untuk sambal terong khas Demak

Untuk bahan-bahan membuat sambal terong sebagai berikut: karena kita mau buat sambal maka pertama-tama yang wajib adalah lombok atau cabe (usahakan cabe rawit). Bahan kedua yang harus ada adalah terong (boleh terong hijau atau terong ungu), bawang merah, bawang putih, tomat (satu tomat saja karena kita tidak akan membuat sambal tomat), terasi, garam secukupnya.

Cara membuatnya pertama-tama kupas kulit terong kemudian dipotong-potong, pisahkan tangkau-tangkai lombok, kupas kulit bawang merah dan bawang putih, potong-potong tomat. Langkah pertama adalah goreng terong yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Jangan sampai kering seperti menggoreng kripik. Angkat terong dari penggorengan saat terlihat sudah layu. Goreng bahan bahan yang lain yaitu lombok, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Setalh sudah cukup matang maka angkat. Satukan seluruh bahan tersebut kedalam cowek/cobek kemudian ulek menggunakan muntu atau ulekan sampai halus. Tips makan berlauk sambal terong: makankah di saat perut Anda benar-benar lapar. Saya jamin sambal terong terasa spesial. Selamat mencoba.

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Mei 22, 2015, in kuliner kampung and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: