MENGENANG MAJALAH PANTAU

pantauMENGENANG MAJALAH PANTAU. Pernah ada sebuah majalah (menurut saya bagus) yang pernah terbit di Indonesia, namanya majalah Pantau. Majalah ini mengorek dapur redaksi, hal-hal yang tidak terungkap di publik diungkap secara mendalam di majalah ini. Selama ini publik hanya melihat hasil jadi sebuah media tetapi ternyata di dalamnya ada tekanan pemerintah, tekanan investor, persaingan antar media, dll. Hingga masalah gaji wartawan diungkap dalam majalah ini.

Pada edisi April 2001, majalah ini banyak mengetengahkan tentang gonjang-ganjing politik pemerintahan Presiden Gus Dur yang terkait dengan pemberitaan media massa. Dalam Pantau edisi ini ditampilkan Aryanti Sitepu, perempuan yang mengaku pernah memiliki hubungan dengan Gus Dur, dalam pembahasan diungkap pilihan media untuk memuat berita yang ditawarkan oleh narasumber atau tidak. Tulisan oleh M. Said Budairy yang berjudul Menimbang Jurnalisme Gamma menarik untuk dibaca, bagaimana Gamma menyajikan berita pengakuan Zarima sang ratu Narkoba bahwa anak yang dikandungnya adalah hasil hubungannya dengan Amin Rais, ketua PAN dan sekaligus ketua MPR pada waktu itu. Zarima saat dikonfirmasi menolak pengakuan itu dan berpendapat Gamma hanya mengarang belaka.

Gamma juga memberitakan bahwa orang suruan Gus Dur lah yang membayar Zarima untuk membuat pengakuan ‘palsu’ bahwa Amin Raislah yang menghamilinya. Majalah Pantau menjernihkan penglihatan kita dari jurnalisme yang semprawut, jurnalisme yang digunakan sebagai alat politik. Sekarang? Sekarang keadaan jurnalisme sama saja, maka majalah semacam Pantau ini tetap dibutuhkan. Berikut salah satu artikel dalam majalah tersebut. DOWNLOAD versi PDF. MENIMBANG JURNALISME GAMMA.

Iklan

About Ken dan Bening

keluarga pembelajar

Posted on Januari 29, 2016, in Kliping. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: